Kamis, 25 November 2010

sistem bauran pemasaran(marketing mix)

Bauran Pemasaran [Marketing Mix] :

Sebelum saya menjelaskan hasil analisa saya pada sebuah toko, saya akan menjelaskan sedikit tentang strategi pemasaran/bauran pemasaran pada sebuah toko.

Bauran pemasaran adalah kumpulan dari variabel-variabel pemasaran yang dapat dikendalikan yang digunakan oleh suatu badan usaha untuk mencapai tujuan pemasaran dalam pasar sasaran.

Adapun bauran pemasaran itu yang sering dikenal dengan 4P yaitu:

1. Product (produk) adalah segala sesuatu yang ditawarkan kepada masyarakat untuk dilihat, dipegang, dibeli atau dikonsumsi. Produk dapat terdiri dari product variety, quality, design, feature, brand name, packaging, sizes, services, warranties, and returns.

2. Price (harga), yaitu sejumlah uang yang konsumen bayar untuk membeli produk atau mengganti hal milik produk. Harga meliputi last price, discount, allowance, payment period, credit terms, and retail price.

3. Place (tempat), yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk membuat produk yang dihasilkan/dijual terjangkau dan tersedia bagi pasar sasaran. Tempat meliputi antara lain channels, coverage, assortments, locations, inventory, and transport.

4. Promotion (promosi), yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk pada pasar sasaran. Variabel promosi meliputi antara lain sales promotion, advertising, sales force, public relation, and direct marketing.
variabel promosi atau yang lazim disebut bauran komunikasi pemasaran yaitu:

a. Advertising, yaitu semua bentuk presentasi nonpersonal dan promosi ide, barang, atau jasa oleh sponsor yang ditunjuk dengan mendapat bayaran.

b. Sales promotion, yaitu insentif jangka pendek untuk mendorong keinginan mencoba atau pembelian produk dan jasa.

c. Public relations and publicity, yaitu berbagai program yang dirancang untuk mempromosikan dan/atau melindungi citra perusahaan atau produk individual yang dihasilkan.

d. Personal selling, yaitu interaksi langsung antara satu atau lebih calon pembeli dengan tujuan melakukan penjualan.

e. Direct marketing, yaitu melakukan komunikasi pemasaran secara langsung untuk mendapatkan respon dari pelanggan dan calon tertentu, yang dapat dilakukan dengan menggunakan surat, telepon, dan alat penghubung nonpersonal lain.


setelah kita memahami bagaimana cara bauran pemasaran itu,disini saya akan menganalisa sebuah toko yang bernama rumah keju bakso. Toko ini bergerak dibidang fast food,agar lebih jelas saya akan memaparkan secara detail tentang bauran pemasarannya.

Produk : rumah keju bakso memiliki berbagai jenis makanan dan juga jenis minuman.Didalam meyakinkan produknya rumah keju bakso menjamin bahwa hasilnya tidak merugikan karena jaminan kebersihan, kenyamanan,kenikmatan selalu diutamakan.rumah keju bakso juga siap untuk melayani pengataran pesanan,sehingga tidak sulit untuk menikmatinya jika kita ada halangan.

Price: didalam menentukan harga rumah keju bakso tidak tergolong kelas mahal karena dengan dimulainya meberikan harga dari Rp 9500 semua kalangan dapat menikmatinya.disini juga rumah keju bakso memberikan diskon/potongan harga bagi pembeli yang mencapai harga yang ditentukan yang mendapatkan diskon.

Place:atau tempat rumah keju bakso sangat strategis dan mudah dijangkau. Dengan beralamatkan di jalan margonda no 404 kita dapat menemukannya tanpa susah payah,tempatnya juga berada didaerah keramaian sehingga tepat pada pasar sasaran.

Promotion:cara promosi yang dilakukan rumah keju bakso sangat sederhana sehingga tidak mengeluarkan biaya yang cukup banyak,dengan cara promosi secara langsung dengan pelanggan,mulut kemulut sehingga langsung mendapat respon dari pelanggan,juga dilakukan memasang iklan di media cetak.