Senin, 11 Juni 2012

Wisata Air Terjun Curug Cikaso


Bagi anda yang suka dengan keindahan alam,disini saya akan memberikan sedikit informasi tentang sebuah curug (air terjun) yang sangat indah. Nama curugnya adalah Curug Cikaso yang berlokasi di Kampung Ciniti, Desa Cibitung,Kecamatan Surade, Kabupaten Suka Bumi, Propinsi Jawa Barat.







 
Curug ini terbentuk dengan tiga titik yang saling berdempetan yang mempunyai nama tersendiri. titik yang sebelah kiri bernama Curug Asepan,curung tengah bernama Curug Meong dan curug sebelah kanan bernama curug Aki.
Ketiga curug ini mempunyai kolam dikaki curug yang mempunyai kedalaman mulai dari 3 meter – 35 meter, yang mempunyai warna airnya hijau kebiru-biruan. Dikolam ini juga para pengunjung diperbolehkan berenang asalkan bisa berenang dengan baik dan mempunyai fisik yang kuat.

Curug Cikaso mempunyai ketinggian berkisar 80-meteran dan sumber airnya berasal dari rembesan dari bukit.
Sebaiknya mengunjungi Curug Cikaso ini di musim penghujan agar airnya banyak mengalir, Sehingga dari jarak 100 meter kita dapat menikmati cipratan airnya/embun-embun airnya yang menurut warga setempat mempunyai khasiat tersendiri. Sayangnya saya mengunjungi Curug ini dimusim kemarau dan Curug yang ditengah tidak mengalir karena sudah hampir sebulan di bukitnya tidak turun hujan.

Jarak Curug Cikaso dengan kota Sukabumi adalah 110 km, dari kota kecil Surade adalah 8 km dan dari Ujung Genteng adalah 30 km. Menuju Curug Cikaso dapat dilalui roda dua, roda empat serta angkutan umum.

Ketika kita sudah sampai di posko pembelian tiket, kita dapat menuju curug cikaso melalaui perahu yang membutuhkan waktu berkisar 5-10 menit dan bisa juga jalan kaki lewat pematang sawah. Untuk pembelian tiket bermotor hanya dikenakan dengan biaya Rp.5000,-/motor sudah termasuk dengan tarif parkir,dan per orang dikenakan biaya Rp.3000,-. Jika anda ingin menggunakan perahu dikenakan biaya Rp.60.000,-.








Di daerah Curug Cikaso juga terdapat beberapa warung, jadi bagi anda yang tidak membawa air mineral dapat membelinya disana.
Curug ini juga banyak dijadikan sebagai tempat pemotretan, poto prawedding yang biasanya banyak dilakukan dihari-hari kerja.

Semoga anda dapat megunjungi Curug Cikaso ini di hari-hari libur anda.


1 komentar: